Sarana belajar yang memadukan teori akademis dengan pendekatan praktis dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara pemahaman konseptual dan penerapannya di dunia nyata. Serta memberikan kerangka berpikir yang kuat melalui teori-teori dasar, sementara praktiknya memberikan wawasan tentang bagaimana konsep tersebut digunakan dalam konteks nyata.

Soal UTS Studi Kelayakan Bisnis

 


UJIAN TENGAH SEMESTER

Studi Kelayakan Bisnis

 A.   jelaskan tentang:

1.    Pengertian Studi kelayakan proyek:

§  Kata berhasil pada pengertian di atas dapat mempunyai cakupan arti secara luas maupun secara sempit. Sedangkan pengertian studi kelayakan bisnis atau kelayakan proyek apabila di tinjau dari susunan katanya dapat berarti:
- Studi = Mempunyai arti kata untuk mencari tahu sesuatu melalui pembelajaran tertentu.
- Kelayakan = Mempunyai arti kata yang sesuai atau baik, dalam hal ini karena berkaitan dengan usaha maka dapat pula diartikan sebagai laba.
- Proyek = Merupakan suatu kegiatan yang bersifat merubah sesuatu atau membuat sesuatu sehingga bisa bersifat sosial dan jangka panjang. (dc339.4shared.com)

§   studi kelayakan proyek adalah penelitihan yang menyangkut berbagai aspek baik itu dari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya, dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan ditadak dijalankan. (Wikipedia)

§  Studi kelayakan proyek merupakan suatu studi untuk menilai apakah proyek yang akan dikerjakan di masa yang akan dating. Penilaian disini tidak lain adalah untuk memberikan rekomendasi apakah sebaiknya proyek yang bersangkutan yang lagi dinilai layak untuk dikerjakan ataukan sebaiknya ditunda dulu pengerjaannya. Mengingat kondisi di masa mendatang akan penuh ketidakpastian, maka studi yang dilakukan tentunya meliputi dan mencakup berbagai aspek dan membutuhkan pertimbangan – pertimbangan tertentu untuk memutuskannya. (id.shvoong.com)

 

2.    Pentingnya investasi:

menurut James C Van Horn (1981) investasi Yaitu kegiatan yang dilangsungkan dengan memanfaatkan kas pada masa sekarang ini, dengan tujuan untuk menghasilkan barang di masa yang akan datang. Adapun peranan pentingnya investasi adalah: 
tujuan berinvestasi untuk perorangan adalah salah satunya sebagai bagian dari perencanaan keuangan. Kita perlu mempersiapkan diri untuk masa depan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kelak. Firman Allah dalam Quran:

“Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui apa yang akan diusahakannya besok..”
(Q.S Luqman : 34).

 

وَيَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلِ الْعَفْوَ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ (219)

“… Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan.  Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan.” Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kalian agar kalian berpikir.”

 

Ayat tersebut mengisyaratkan agar kita bersiap terhadap sesuatu yang mungkin terjadi di masa datang. Seperti halnya nabi Yusuf as ketika menjabat menteri di negeri mesir, beliau mempersiapkan cadangan pangan selama tujuh tahun untuk mempersiapkan diri menghadapi musim kering yang akan datang. Dengan perencanaan yang baik, cadangan pangan tersebut mampu memenuhi kebutuhan penduduk mesir. Bahkan penduduk dari negeri tetangga ada yang datang ke mesir untuk meminta bantuan, termasuk saudara-saudara nabi Yusuf as yang dulu telah membuang beliau ketika belaiu masih remaja.

(okkyokubo.wordpress.com)

 

3.    Tujuan dilakukannya studi kelayakan

Menurut Kasmir dan Jakfar ada lima tujuan mengapa sebelum suatu usaha atau proyek dijalankan perlu dilakukan studi kelayakan yaitu :

a)    Menghindari resiko kerugianResiko kerugian untuk masa yang akan datang yang penuh dengan ketidak pastian, dalam hal ini fungsi studi kelayakan untuk meminimalkan resiko  baik yang dapat dikendalikan maupun  yang tidak dapat dikendalikan.

b)   Memudahkan Perencanaan , Perencanaan meliputi berapa jumlah dana yang diperlukan, kapan usaha akan dijalankan, dimana, bagaimana pelaksanaannya, berapa besar keuntungan yang akan diperoleh serta bagaimana mengawasinya jika terjadi penyimpangan.

c)    Memudahkan Pelaksanaan PekerjaanDengan rencana yang telah tersusun maka sangat memudahkan pelaksanaan bisnis, pengerjaan usaha dapat dilakukan secara sistematik.

d)   Memudahkan PengawasanDengan melaksanakan proyek sesuai rencana maka memudahkan untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya usaha.

e)    Memudahkan Pengendalian,  Jika dapat diawasi maka jika terjadi penyimpanganakan muidah terdeteksi, sehingga mudah untuk mengendalikan penyimpangan tersebut

 

4.    Manfaat studi kelayakan

Manfaat Studi kelayakan dapat dibedakan karena dua pihak yang berkepentingan atas studi kelayakan itu sendiri :

Pihak Pertama (bagi analisis)

a.    Memberikan pengetahuan tentang cara berpikir yang sistematis (runtut) dalam menghadapi suatu masalah (problem) dan mencari jawabannya.(solusi)

b.    Menerpakan berbagai disiplin ilmu yang telah dipelajari sebelumnya dan menjadikannya sebagai alat bantu dalam penghitungan/pengukuran, penilaian dan pengambilan keputusan.

c.    Mengerjakan studi kelayakan berarti mempelajari suatu objek bisnis secara komprehensif sehingga penyusunannya akan mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga.

Pihak kedua (bagi masyarakat)

a.       Calon InvestorDalam menilai SKB, calon Investor lebih terkonsentrasi pada aspek ekonomis dan keuangan karena pada aspek inilah mereka dapat menentukan tingkat pengembalian modal (IRR), payback period, aliran kas dan tentunya proyeksi laba-rugi. Disini mereka juga dapat memperhitungkan return dan resiko yang mungkin dihadapi.

b.      Mitra penyerta modal Calon Investor biasanya membutuhkan mitra penyerta modal baik perseorangan maupun perusahaan. Hasil studi kelayakan ini akan membantu calon investor dalam meyakinkan mitranya.

c.       Perbankan Dalam proses persetujuan perkreditan dari bank diperlukan rekomendasi yang menyatakan bahwa proyek tersebut layak, maka diperlukan SKB

d.      Pemerintah Penilaian Pemerintah terhadap studi kelayakan adalah biasanya yang menyangkut pada aspek legalitas dan perizinan.(izin prinsip dan izin operasional proyek).

e.       Manajemen Perusahaan SKB untuk pengembangan bisnis baru akan berhububngan dengan pihak menajemen terutama direksi.

f.       Masyarakat Acuan penilaian masyarakat terhadap suatu proyek atau bisnis biasanya yang menyangkut AMDAL (dampak lingkungan). Dan AMDAL ini biasanya untuk proyek-proyek besar.   (www.anakunhas.com)

 

5.    Lembaga-lembaga yang memerlukan studi kelayakan

Ø Investor,

 Pihak yang menanamkan dana mereka dalam suatu proyek (sebagai pemilik nantinya , atau pemegang saham) akan lebih memperhatikan prospek usaha tersebut. Prospek adalah tingkat keuntungan yang diharapkan akan diperoleh dari investasi tersebut beserta resikonya.

Ø Kreditur/Bank

Para kreditur akan lebih memperhatikan segi keamanan dana yang dipinjamkan

Ø Pemerintah

Pemerintah berkepentingan dengan manfaat proyek tersebut bagi perekonomian Nasional. Apakah proyek tersebut membantu menghemat devisa, atau memperluas kesempatan kerja.

(adjie-putra14.blogspot.com)

 

6.    Pengertian pasar dan pemasaran

a.       Pengertian pasar

§ sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa.

§ sebagai mekanisme (bukan hanya sekedar tempat) yang dapat menata kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual.

§ salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.

§ Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi (www.ips.web.id/2012)

b.      Pengertian pemasaran

§ proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. (Wikipedia)

§ menurut philip kotler, pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dg menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

§ Pemasaran dapat dirumuskan sebagai masalah pembelian dan penjualan sebagai aktivitas usaha, termasuk di dalam arus barang-barang dan jasa-jasa antara produsen dan para konsumen. Konsep pemasaran merupakan suatu proses yang bergerak dengan dinamis, kegiatannya memindahkan barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen. (rajapresentasi.com)

 

7.    Peranan aspek pasar dan pemasaran dalam studi kelayakan bisnis

Pengkajian aspek pasar penting dilakukan karena tidak ada proyek bisnis yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang/jasa yang dihasilkan proyek tersebut. Pada dasarnya, analisis aspek pasar bertujuan antara lain untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan, dan market-share dari produk bersangkutan. Sedangkan mengenai aspek pemasarannya, Kegiatan perusahan yang bertujuan menjual barang atau jasa yang di produksi perusahaan kepasar. Oleh karena itu, aspek ini bertanggung jawab dalam menentukan ciri-ciri pasar yang akan dipilih

 

8.    Bentuk badan-badan usaha

v Firma, adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana kedua pihak ini memasukan modal dibidang komersial.

v CV, adalah suatu perusahaan yang didirikan dua orang atau lebih dimana bertanggungjawab secara soldier dengan sat pihak, atau sebagainya sebagai pelepas uang.

v PT, adalah badan usaha yang menjalankan usaha dengan memiliki modal yang terdiri dari saham-saham, dan pemiliknya memiiki bagian sebanyak saham yang disetor.

 

9.    Peranan aspek hukum dalam studi kelayakan bisnis

Penilaian atas aspek hukum sangat penting mengingat sebelum usaha tersebut dijalankan, segala prosedur yang berkaitan dengan izin atau berbagai persyaratan lain harus terlebih dahulu dipenuhi. Bagi penilai studi kelayakan bisnis, dokumen yang perlu diteliti keabsahan, kesempurnaan dan keasliannya meliputi badan hukum, perizinan yang dimiliki, sertifikat tanah maupun dokumen pendukung lainnya.

 

10.     Pengertian manajemen dan organisasi

a.    Menurut James A.F. Stoner

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah

b.    Menurut Mary Parker Follet

Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

c.    Menurut nickel dan mchugh

Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai tujuan organiasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.

 

11.     Peranan aspek manajemen dan organaisasi dalam studi kelayakan bisnis

Aspek ini membutuhkan daya imajinasi tinggi untuk membayangkan bentuk organisasi apa yang akan dibangun beserta pengelolaannya kelak ketika berdiri. Setelah gambaran organisasi terbentuk dengan segala kelengkapannya, selanjutnya dianalisis proses pengadaan peraturannya disegala bidang untuk menduduki dan memegang bagian dan fungsi organisasi sesuai dengan yang direncanakan.

12.     Pengertian aspek teknis dan operasi

Aspek teknis merupakan aspek yang berkenaan dengan pengoperasian dan proses pembangunan proyek secara teknis setelah proyek/bisnis tersebut selesai dibangun/didirikan. Berdasarkan analisis ini pula dapat diketahui rancangan awal penaksiran biaya investasi termasuk start up cost/pra operasional proyek yang akan
dilaksanakan.

 

13.     Peranan aspek teknis dan operasi dalam studi kelayakan bisnis

Studi aspek teknis dan teknologi akan mengungkapkan kebutuhan apa yang diperlukan dan bagaimana secara teknis proses produksi akan dilaksanakan. Untuk bisnis industri manufaktur, misalnya, perlu dikaji mengenai kapasitas produksi, jenis teknologi yang dipakai, pemakaian peralatan dan mesin, lokasi pabrik, dan tata-letak pabrik yang paling menguntungkan. lalu dari kesimpulan itu, dapat dibuat rencana jumlah biaya pengadaan harta tetapnya.

 

 

B.  Coba analisis persiapan-persiapan Negara Indonesia dalam menghadapi perdagangan bebas?!

Menurut saya, memang benar globalisasi tidak bisa dihindari lagi dewasa ini. Kebutuhan akan informasi, ketepatan waktu, kecepatan perputaran barang, dan sebagainya seakan sudah menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Termasuk hal-nya dalam perdagangan. Berkualitas tinggi dan harga murah adalah keinginan semua konsumen. Tak perduli barangnya darimana. Baik negara sendiri, negara tetangga atau negara manapun tak akan dihiraukan. Yang penting kebutuhannya tercukupi. Atas dasar itulah sistem perdagangan bebas pun banyak dikonsumsi oleh banyak negara di dunia ini. Namun lain hal nya dengan negara berkembang, yang seakan tertekan dengan sistem tersebut, termasuk indonesia. Banyak alasan mengapa negara berkembang menolak sistem tersebut, namun sayangnya hal itu tidak akan merubah keadaan. Untuk itu dalam mempersiapkan perdagangan bebas ini, indonesia menempuh beberapa cara yaitu:

1.    Dengan meningkatkan kemampuan
negosiasi perdagangan untuk mengoptimalkan keuntungan
bagi Indonesia. Meliputi:

ü Perencanaan pembangunan ekonomi berkelanjutan

ü Mengembangkan kondisi sosial yang baik, jangan lagi membeda-bedakan pulau jawa, sumatra, kalimnatan, papua. Semua harus beranggapan bahwa itu adalah wilayah indonesia

ü Indonesia harus menyelamatkan lingkungan hidup.
"Selama ini bangsa kita salah kaprah karena menganggap
perdagangan bebas pasti akan berbenturan dengan
lingkungan hidup

2.    Memperbaiki infrastruktur, karena hal ini akan mempengaruhi sirkulasi pendistribusian

3.    Indonesia harus meningkatkan kualitas suatu produk, untuk memenuhi standar mutu yang ditetapkan internasional dan sesuai dengan permintaan konsumen

4.    Memperbaiki struktur bunga kredit yang tinggi, sehingga apabila suku bunganya tinggi akan menghambat para pelaku ukm untuk mengembangkan produknya.

5.    Memperbaiki masalah suplai listrik, karena hal ini akan berpengaruh terhadap bidang produksi baik ukm maupun industri.

 

C.  Dalam era globalisasi, pemahaman aspek hukum dan aspek pasar dan pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan studi kelayakan bisnis. Saudara dimohon untuk menjelaskan konsep kedua aspek tersebut dan mengapa sangat diperlukan?

§  Pengkajian aspek pasar penting dilakukan karena tidak ada proyek bisnis yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang/jasa yang dihasilkan proyek tersebut. Pada dasarnya, analisis aspek pasar bertujuan antara lain untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan, dan market-share dari produk bersangkutan. Pembahasan aspek-aspek studi kelayakan diawali dengan aspek pasar dan pemasaran. Alasannya mengapa aspek ini diletakkan pada awal pembahasan sistematika studi kelayakan, antara lain:

a.            Produk yang dihasilkan perusahaan harus marketable. Jika tidak, sebaiknya kegiatananalisis studi kelayakan dihentikan.

b.            Kecenderungan permintaan atas produk yang akan dihasilkan harus menunjukkan adanya kenaikan. Jika menurun, sebaiknya proses studi kelayakan untuk pendirian dihentikan, kecuali jika tujuan objek studi adalah pengembangan.

c.             Kandungan material produk tidak mengandung unsur yang dilarang negara ataupun agama. Jika ada ditinjau dari aspek hukum, tidak akan direkomendasikan dan harus dihentikan.

d.            Aspek teknis dan kronologis sangat ditentukan oleh hasil rekomendasi aspek pasar, terutama yang berkaitan dengan pemilihan alat dan mesin.

Dan dalam aspek pemasaran, Kegiatan perusahan yang bertujuan menjual barang atau jasa yang di produksi perusahaan kepasar. Oleh karena itu, aspek ini bertanggung jawab dalam menentukan ciri-ciri pasar yang akan dipilih. Analisis kelayakan dari aspek ini yang utama dalam hal;

ü  Penentuan segmen, target, dan posisi produk pada pasarnya.

ü  Kajian untuk mengetahui konsumen potensial, seperti perihal sikap, perilaku, serta kepuasaan mereka atas produk

ü  Menentukan strategi kebijakan dan program pemasaran yang akan dilaksanakan

Konsep hukum pada dasarnya menjelaskan tentang bagaimana sebuah perusahaan diakui oleh pihak yang berwenang (pemerintah), dengan syarat-syarat yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kinerja dan produktifitas perusahaan. Karena secara langsung atau tidak langsung, apabila perusahaan memiliki legalitas akan membantu kepercayaan pihak luar misal konsumen, investor, pihak pemilik, karyawan menjadi termotivasi karena arah tujuan dan legitimasi perusahaannya yang jelas. Dan sebagainya.  Penilaian atas aspek hukum sangat penting mengingat sebelum usaha tersebut dijalankan, segala prosedur yang berkaitan dengan izin atau berbagai persyaratan lain harus terlebih dahulu dipenuhi. Bagi penilai studi kelayakan bisnis, dokumen yang perlu diteliti keabsahan, kesempurnaan dan keasliannya meliputi badan hukum, perizinan yang dimiliki, sertifikat tanah maupun dokumen pendukung lainnya.

 

D.  Coba kemukakan apa yang akan anda lakukan jika anda memiliki modal  sebanyak Rp 1.000.000,- jelaskan disertai alasan pendukung dan manfaat yang akan diperoleh anda dengan menggunakan aspek-aspek studi kelayakan bisnis yang telah dipelajari?

Yang saya akan lakukan dengan modal sebesar itu adalah dengan membuka usaha dibidang jasa yakni usaha kuliner. Dewasa ini usaha jasa sangat pesat kemajuannya daripada usaha lainnya. Spesifik dari usaha yang saya akan lakukan adalah bisnis :” ES KRIM GORENG’’, dengan pertimbangan:

Ø Usaha yang saya akan dirikan adalah daerah yang tidak begitu banyak pesaingnya, khususnya usaha es krim goreng yaitu di daerah tasikmalaya. (tempat tinggal saya)

Ø Usaha ini tidak begitu membutuhkan modal yang besar, tapi pangsa pasar yang dituju berpotensi besar. Meliputi kalangan anak-anak, remaja, dan bahkan dewasa dan tua pun saya rasa suka dengan es krim.

Ø Makanan ini cenderung masih unik, sehingga menciptakan ketertarikan yang tinggi terhadap konsumen

Ø  Mengenai manfaatnya, otomatis akan menambah uang saku dan menambah khasanah keanekaragaman makanan di indonesia pada umumnya.

Ø Payback period yang relatif cepat.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal UTS Studi Kelayakan Bisnis"

Posting Komentar